Sunday, June 30, 2013

Kota Kenangan; Berlabuh (1-3)


(30/6/2013). Dan, akhirnya saya pun kembali berlabuh di kota ini. Jam digital di android kesayanganku sudah menunjukkan pukul 08:15. Kapal Ferry yang saya tumpangi dari pulau tempat tinggalku mulai merapat ke sisi kota yang menjadi tujuan perjalananku hari ini. Pelabuhan Ujung, begitu orang-orang di kampungku biasa menyebut tempat bersandarnya kapal yang saya tumpangi ini. 

Suasana pelabuhan hari ini tampak sedikit lengang, tidak lagi seperti 4 atau 5 tahunan yang lalu. Masih segar dalam ingatan saya pada akhir 2008 hingga awal 2009 lalu, pelabuhan ini masih menjadi satu-satunya jalur yang menghubungkan pulau tempat tinggalku dengan kota yang merupakan Ibu Kota Propinsi Jawa Timur ini. Begitu padatnya aktifitas pelabuhan pada masa itu. Setiap harinya segala jenis kendaraan tumpah ruah memenuhi setiap kapal yang akan diberangkatkan.

Namun, sejak diresmikannnya Jembatan Nasional Suramadu pada 10 Juni 2009 lalu, para pengendara kini banyak beralih menggunakan jasa jembatan penyeberangan yang memilki panjang 5438 m tersebut. Hal ini tentu saja berdampak drastis terhadap perkembangan laju penumpang di kedua sisi pelabuhan, baik Pelabuhan Kamal maupun di Pelabuhan Ujung ini sendiri. Salah satu sumber yang sempat penulis lacak bahkan menyebutkan bahwa laju perkembangan penumpang di pelabuhan kamal kini mengalami penurunan hingga mencapai 40 persen. Wew!
Pemandangan dari atas kapal Ferry menuju kota kenangan
Selepas turun dari kapal penyebrangan saya pun langsung menuju lokasi jasa penitipan kendaraan yang berada di salah satu sudut pelabuhan, untuk menitipkan motor yang sengaja saya bawa dari rumah. Matahari masih belum terlalu tinggi namun udara di sekeliling pelabuhan ini sudah menghantarkan hawa pengap. Titik-titik keringat pun mulai membasahi pelipis, kaos, serta switer yang saya kekenakan. Gerah.

Genap satu minggu sudah saya berada di tanah kelahiranku. Hari ini adalah pertama kalinya saya keluar rumah, menempuh jarak perjalanan yang cukup jauh untuk mengunjungi kota ini. Kota yang cukup banyak menyimpan memori masa lalu saya. Selain pelabuhannya yang tampak semakin sepi, kota ini pada dasarnya masih belum banyak berubah, hampir sepenuhnya sama seperti dua tahun lalu, ketika terakhir kali saya mengunjunginya.
 
Terminal Bus Ujung
Perjalanan saya masih belum selesai, selanjutnya saya masih harus naik bus kota dari terminal yang berada tidak jauh dari pelabuhan menuju tengah kota, hingga nantinya sampai di kawasan Darmo dan Royal. Rencananya hari ini saya akan melakukan kopdar dengan salah satu sahabat saya yang tinggal di kota ini, sekaligus ingin mengembalikan beberapa buku yang dua tahun lalu sempat saya pinjam darinya. Sudah lama sekali saya tidak bertatap muka dengan sahabatku itu, pikiranku pun tiba-tiba saja menjadi skeptis, seperti apakah kiranya waktu dua tahun ini telah menyulap hidupnya? Ah, saya sudah tidak sabar ingin menjitak kepalanya. He..:P

Bus kota yang saya tumpangi berjalan pelan, keluar dari sumpeknya terminal menuju panasnya aspal jalanan. Beberapa saat berjalan, suhu udara di dalam bus semakin panas bercampur dengan bau keringat para penumpang yang di tiap titik pemberhentian terus bertambah. Saya terpaksa membuka switer yang sedari tadi saya kenakan karena gerah sudah tak tertahankan lagi.

Sementara Bus terus melaju, membelah jalanan yang tidak sepenuhnya saya kenal namanya. Dalam hati saya mencoba mengingat nama-nama pemberhentian para penumpang yang diteriakkan oleh kondektur di pintu masuk bagian belakang, Siola, TP, Pasar Turi, Monument Pahlawan, KBS, Joyoboyo. Dan, lagi-lagi angan saya melayang ke  empat tahun lalu, saat saya banyak memiliki kenangan dengan kota dan tempat-tempat ini. Ah, tanpa terasa waktu beranjak demikian cepat. Betapa banyak kenangan yang tertinggal. Betapa banyak

Beep…! Beep..! Tiba-tiba lamunanku dibuyarkan oleh getar gadget android-ku yang saya letakkan di saku celana bagian kanan. Setelah saya lihat ternyata sebuah notifikasi dari Facebook yang menyatakan ada pesan masuk.

“Km ada dmn skrg?”,

Bersambung..

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda..^_^