Tuesday, June 25, 2013

Welcome Home!


Di luar masih gelap, Matahari masih belum menampakkan batang hidungnya ketika Ibu membangunkan saya untuk shalat subuh pagi ini. sudah dari tadi rupanya Adzan subuh berkumandang, bahkan dari beberapa surau terdekat sudah ada yang mengumandangkan ikamah. Saya menggeliat, mengumpulkan segenap memori yang sempat tercecer dalam alam bawah sadar saya sejak semalam. Dan saya baru sadar kalau saya sekarang sudah tidak berada di negerinya Kinanah lagi. Yah, saya sekarang sudah berada di negeri yang lain, yang tak lain adalah negeriku sendiri.

Udara pegunungan berhembus pelan, menyusup ke dalam kamar melalaui celah jendela. Dingin pun menyeruak, menyapu permukaan kulitku yang hanya berselimutkan sarung lusuh. Lalu lamat-lamat terdengar dari rumah-rumah tetangga suara kokok ayam yang bersahutan dengan ayam-ayam piaraan kami di belakang rumah. Suara berbagai macam serangga juga masih terdengar awut-awutan di luar sana, dan tak ketinggalan juga burung-burung mulai berkicau di atas dahan untuk menyambut datangnya pagi. Ah, pagi yang masih benar-benar perawan.
Home Sweet Home
Tidurku semalam rupanya cukup nyenyak, setelah duah hari kemaren terlunta-lunta dalam perjalanan yang cukup menguras tenaga. Dan setelah hampir dua kali 24 jam terombang-ambing  dalam perjalanan, hari ini akhirnya saya benar-benar sampai di tempat ini, di tanah ini, tanah yang cukup lama saya rindukan. Cairo, Abu Dabi, Jakarta, Surabaya, dan Madura. Perjalan lintas benua yang bener-benar cukup melelahkan. Huft!

Dan hari ini adalah “My First Morning” di tanah kelahiranku ini. Seperti sebuah kedipan mata saja, kemaren saya masih berdiri bebas di negeri nun jauh di sana, dan kini saya sudah berada di negeri ini, Negeri Pelangi Tanpa Warna Hijau. Dan di pagi ini, kokok ayam yang bersahutan, bisingnya serangga yang berbunyi semrawutan, serta burung-burung yang berkicau di atas dahan sana, semuanya seakan menyambut kedatangan saya dan berujar, “Welcome Home, Boy!”.

Gerbang Madu, ´25 Juni 2013 M.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda..^_^