Tuesday, January 22, 2013

Fayoum, Indonesianya Mesir


Fayoum adalah nama sebuah kota yang sekaligus menjadi salah satu Propinsi di Mesir. Letaknya kira-kira 90 km dari pusat kota Cairo, dan dapat ditempuh dengan satu atau dua jam perjalanan. Alhamdulillah, kemaren pada tanggal 21 Januri 2013 saya berkesempatan mengunjungi kota ini dengan membawa serta 13 pelajar Malaysia dari Jordan yang sedang mengadakan liburan ke Mesir. 

Memasuki kota Fayyom saya langsung disambut dengan hamparan sawah yang hijau dan asri. Perkebunan dengan berbagai macam jenis pertanian menghampar luas seperti menyapa saya dengan senyumnya yang hangat. Siapa yang pernah menyangka kalau di negeri gurun seperti Mesir ini masih ada tanah yang sesubur ini. Di samping kiri dan kanan jalan yang saya lalui sesekali saya menjumpai pepohonan rindang,  hal ini mengingatkanku pada negeriku sendiri, Indonesia. Karena itulah saya sebut Fayoum adalah Indonesianya Mesir. 

Berbagai macam jenis perkebunan tumbuh subur di kota ini, ada perkebunan Mangga, Kurma, Zaitun, Jeruk, Bawang, Sayur Mayur, dan berbagai macam jenis bahan pangan lainnya memenuhi hamparan sawah di pinggir jalan yang saya lalui.
Kota ini memang terkenal dengan kesuburannya, dan boleh dikatakan adalah kota tersubur yang ada di Mesir. Konon dari sinilah semua pasokan buah-buahan, Sayur Mayur, dan bahan-bahan pangan yang ada di Cairo dan kota-kota lainnya didatangkan. Semua ini sebenarnya tidak lepas dari peran Nabi Yusuf As. yang pada masa terdahulu pertama kali membangun kota ini.

Fayoum, berasal dari kata Alfu Yaum (Seribu Hari). Nama ini erat kaitannya dengan kisah nabi yusuf As. Dikisahkan pada kala itu Yusuf diangkat menjadi perdana mentri Mesir setelah dipenjara selama tujuh tahun. Lalu Yusuf diperintahkan oleh Raja yang berkuasa di Mesir pada saat itu untuk menanggulangi kekeringan yang akan melanda Mesir. Allah pun memerintahkan nabi Yusuf untuk pergi ke sebuah daerah bernama Jaubah (Tempat pembuangan Air Kotor) dan menggali 3 buah anak sungai. Tiga buah anak sungai ini digali untuk mengalirkan air dari sungai Nil ke daerah Jaubah. 

Dengan digalinya tiga buah anak sungai ini daerah Jaubah pun menjadi tempat yang subur dan hijau, kemudian nabi Yusuf membangun 360 desa di daerah Jaubah, jumlah desa ini disepadankan dengan jumlah hari dalam setahun dengan tujuan satu desa diperkirakan dapat mencukupi kebutuhan penduduk mesir dalam sehari pada saat itu. Sungguh ide yang sangat brillian, dengan ide cemerlang ini Nabi yusuf As. bukan hanya mampu menyelamatkan penduduk mesir saja dari kekeringan selama 7 tahun itu, tapi beliau juga menyelamatkan penduduk dari negara tetangga, seperti Syiria, Palestina, Mekkah, dan Madinah.

Dalam membangun kota Jaubah tadi, dikisahkan Nabi Yusuf hanya membutuhkan waktu selama 70 hari saja, hal ini mengundang decak kagum dari raja mesir saat itu, lantas raja pun berujar, "Luar biasa, hanya dengan 70 hari saja, Yusuf dapat membangun kota ini, padahal untuk dapat seperti ini, minimal diperlukan waktu seribu hari (Alf Yaum). Ini betul-betul pertolongan dari langit". Sejak saat itulah nama Jaubah berubah menjadi Alfu Yaum, yang seiring dengan berjalannya waktu akhirnya bermetamorfosis menjadi Al-Fayoum.
Qashru Qarun

As-Sawaqi
Kota Fayyoum tidak hanya terkenal dengan kesuburannya, tapi juga kaya akan peninggalan sejarah. Disana masih ada beberapa situs sejarah peninggalan masa silam. Diantaranya, ada Istana Qarun (Qashru Qarun), puing-puing istana peninggalan Qarun yang terkenal akan kekikirannya, yang kisahnya sempat diabadikan di dalam Al-Quran. Danau Qarun (Bahirah Qarun), dan Kincir Air (As-Sawaqi), Kincir Air peninggalan Nabi Yusuf As. waktu membangun saluran air di kota Fayoum. 

Fayoum, saya sangat bersyukur diberi kesempatan untuk mengunjungi kota yang penuh dengan keindahan ini. Wawasan dan pengalaman baru banyak memenuhi memori saya. Semoga saya masih diberi waktu dan kesempatan yang lebih  panjang lagi untuk menjelajahi berbagai penjuru dunia, dan khusunya Mesir, negeri yang penuh dengan keajaiban ini. Amien.

Katameya, 22 Januari 2013 M.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda..^_^